Kadis Kominfo Menjadi Narasumber Webinar “Vaksin Aman Masyarakat Sehat” Oleh KPCPEN

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai kembali menggelar Webinar. Kali ini Webinar yang dilaksanakan bertajuk “Vaksin Aman Masyarakatnya Sehat” dengan menghadirkan narasumber yakni Kepala Dinas Kominfo, Kota Tanjungbalai, dan juga mewakili Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai
Tanjungbalai – Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bersama Pemerintah Kota Tanjungbalai kembali menggelar edukasi publik virtual bertajuk “Vaksin Aman Masyarakat Sehat” pada Jumat (03/12/2020).
Kegiatan yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ini menghadirkan Drs. Walman Riadi P Girsang M.AP selaku Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungbalai, H. Yadi Arianto S.K.M, M. Kes selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai serta Damayanti Lingga, S.T.P, MM selaku moderator acara.
Dalam kesempatan itu, selaku narasumber pertama, Walman Riadi P Girsang menjelaskan tentang peranan Dinas Kominfo Tanjungbalai dalam penanganan Covid-19
“Sampai hari ini pelaksanaan Diskominfo Tanjungbalai berperan dalam memfasilitasi kegiatan Walikota, Wakil Walikota serta Pejabat lainnya melalui penyediaan jaringan internet dikarenakan selama pandemi Covid-19 seluruh kegiatan pemerintahan dilaksanakan melalui zoom meeting, oleh karena itu Diskominfo Tanjungbalai mensupport ketersediaan bandwith di seluruh OPD guna memenuhi kebutuhan internet,” ujar Walman Riadi P Girsang.
Ia juga menyampaikan sejak pandemi Covid-19 menyebar di Indonesia, Diskominfo Tanjungbalai terus memberikan berbagai informasi kepada masyarakat tentang apa itu Covid-19, bagaimana cara penanganannya, serta berbagai hal yang harus dilakukan agar terhindar dari Covid-19 yang mana hal ini juga melalui peran serta dan dukungan dari Dinas Kesehatan Tanjungbalai tentunya. Hal ini perlu agar informasi yang didapat masyarakat tidak simpang siur ataupun hoaks, kita dalam gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai diberikan tugas dalam menginformasikan berbagai langkah langkah yang harus dan wajib dilakukan oleh masyarakat ditengah pandemi covid-19 dan tentunya juga sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang disampaikan ke daerah.
Dalam kesempatan itu, Kadis Kominfo Tanjungbalai Walman Riadi P Girsang juga mengatakan bahwasanya Diskominfo Tanjungbalai tidak hentinya menginformasikan tag line Covid-19 kepada masyarakat baik melalui media sosial dan Website Pemkot Tanjungbalai, pemasangan baliho/spanduk, pembagian brosur dan selebaran agar masyarakat terus mendapat informasi yang up to date terkait perkembangan Covid-19 yang ada di Kota Tanjungbalai, jelasnya
Dalam hal kebijakan lainnya, Diskominfo selalu berkordinasi dengan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan Kementerian Kominfo RI agar tidak menimbulkan masalah dibelakang hari nantinya. Kordinasi dalam penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai, tentunya diskominfo tidak terlepas dari peran serta Dinas Kesehatan dalam menginformasikan data pasien dan langkah penanganan covid-19 sesuai kebijakan yang ditetapkan Pemerintah Pusat, tutupnya
Sementara itu, narasumber kedua yakni Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai, Yadi Arianto menyampaikan bahwa penyebaran Covid-19 di Indonesia terus mengalami kenaikan. Oleh karena itu diperlukan pengadaan vaksinasi Covid-19 bagi semua elemen di Indonesia dan sudah barang tentu Vaksin yang ada nantinya ada vaksin yang aman dan sehat bagi masyarakat.
Yadi Arianto juga menuturkan, bahwa vaksin Covid-19 yang saat ini masih dalam tahap pengujian akhir dan akan diproduksi massal dan telah memenuhi syarat edar kandungan vaksinasi, sekaligus memiliki izin resmi dari pemerintah. Masyarakat juga diimbau untuk tidak takut ketika melakukan vaksinasi nantinya
“Vaksin merupakan produk biologis yang dapat membantu menguatkan dan melindungi tubuh dari penyakit yang melemahkan sistem imun,” jelasnya.
Masih lanjut, untuk saat ini vaksin yang ada nantinya dapat membantu penyembuhan bagi masyarakat yang terkena Covid-19
Masyarakat yang telah divaksin nantiya juga diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak melupakan gerakan 3M (Mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan menjaga jarak).
“Meskipun telah divaksin, kemungkinan terpapar Covid-19 tentu masih tetap ada. Jadi jangan lupakan gerakan 3M,” imbuhnya.
Kepada masyarakat, pihaknya juga berpesan, mari kita lambungkan slogan “Jangan Terserah, Jangan Menyerah”. Pemkot Tanjungbalai juga terus mengimbau agar tetap waspada dan jangan menyerah berperang melawan Covid-19.
“Sebab melalui vaksinasi dapat menyelamatkan jutaan jiwa serta dapat memulihkan ekonomi Nasional, tetap sebarkan berita baik untuk para kerabat agar semua Masyarakat dapat menerima vaksin,” pungkasnya
“Pemkot Tanjungbalai akan selalu hadir dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terlebih pada situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini, mari kita sama sama berjuang dan terus bersemangat melawan Covid-19 khususnya di Kota Tanjungbalai ,” jelas kedua narasumber yang hadir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.